Bunyiam Trauma

Hari ini guwe ngalamin kejadian yang amat tragis, yang bisa dibilang menyisakan trauma terdalam buat guwe .

Tadi siang, tepat jam setengah 2. Mama ngajak ke toko jilbab didaerah lambung mangkurat, dengan pakaian seadanya dan awut-awutan guwe temenin mama ke toko jilbab walaupun sebenernya gak niat. Sampai disana, mama asyik milih-milih jilbab buat kawinan paman hari sabtu besok. Beberapa jilbab telah dicoba, dihambur, tapi warna nya gak ada yang cocok sama baju untuk kawinan sabtu besok. Mama frustasi dan jadiin guwe tumbal, guwe disuruh milih jilbab yang sebenernya gak ada yang guwe suka ditoko itu. Akhirnya mama milihim guwe jilbab biasa dengan harga Rp. 15.000 daripada mama malu keluar ni toko dengan tangan kosong, yaudahlah.

Saat keluar dari toko jilbab itu, mama ngajakin ke sri rejeki buat beli pita jahit. Tapi waktu udah sampe didepan toko, mama malah muter dan merubah haluan ke pasar pagi. Oke, gak masalah

Setelah sampai dipasar pagi, kami masuk ke dalam menuju beberapa toko jilbab. Kami hampiri toko satu per satu, guwe bantuin mama buat pilihin jilbab yang cocok biar kita cepet pulang dan guwe bisa cepet bobo siang, tapi gak ada yang cocok. Padahal waktu ditoko pertama yang kami hampiri tadi, ada sebuah jilbab yang warna dan modelnya cocok untuk mama. Tapi mama gak mau.

Hampir setengah jam kami menghampiri toko jilbab satu per satu. Hingga pada toko terakhir mama bilang “kayanya bagusan di toko pertama tadi deh” kata mama sambil membandingkan jilbab ditangannya dengan bayangan jilbab ditoko pertama tadi. Akhirnya, kami kembali ke toko pertama yang jaraknya lumayan jauh.

Sampai di toko yang dimaksud, ternyata mama milih jilbab pilihan guwe tadi. “Kenapa gak dari tadi aja sih ma” gumam guwe dalam hati. Waktu mama tanya harganya sekitar 90 ribu kalo gak salah, naluri belanjanya keluar, mama coba nawar dengan harga 50rb gak dikasih sama penjual, suasana tegang seperti berada dipersidangan sengketa tanah. Akhirnya disepakati, harganya jadi 85rb.

Dapat jilbab, mama tenang, kami pulang. Diperjalanan pulang, saat motor kami sedang melaju di sebuah jalan dekat pelabuhan tiba-tiba terdengar suara “PRAAAK TEPEK KETEPEK BAU KETEK” Yah, suara yang terdengar hampir mirip seperti itu. Guwe kaget dan nengok kebelakang, ternyata itu bunyi hp guwe yang terhempas sekitar 5 meter dari tempat guwe nengok. Kami berhenti, orang-orang pada ngeliatin, ada yang nyelengin, ada yang nggodain, ada juga yang biasa-biasa aja. Liat “momo” nama hape guwe yang tergeletak diaspal, guwe langsung lari menuju tempat momo jatoh seperti sinetron-sinetron di tv. Sampai ditempat momo, guwe langsung meluk dan nanyain kabarnya. Tapi gak ada jawaban, disitu guwe nangis. Guwe langsung bawa momo ke motor dan melaju kencang ke rumah, sepanjang jalan mama ngomel-ngomel dan guwe cuma bisa diem. Sampai dirumah, ternyarta momo tidak kenapa napa hanya lecet dibagian punggung.

Guwe masih bersyukur momo masih dilindungi sama ALLAH dan masih diberi kesempatan hidup.

Iklan

Bersihin Kamar – cerita ini cuma mitos

Ada hal yang jadi kebiasan buruk guwe dari kecil sampe sekarang. Yaitu, beres-beres kamar.

Karena kebiasaan buruk guwe itu, mama, bapak, nenek, kakek, adek bahkan pak RT dan tetangga sebelah ikutan ngomel.

Walaupun berabagai cara telah ditempuh mama untuk menyadarkan guwe. Mulai dari ngancam gak boleh tidur dikamar: akibatnya, mama kunci kamar guwe dan nyuruh tidur dikursi. Guwe gak takut, malamnya dengan kunci serep guwe bisa masuk kekamar lagi. Hal ini membuat mama geram. Mama juga ngelakuin hal yaitu, ngebandingin kamar guwe sama anak pak RT. Kata mama, kamar anak pak RT itu selalu rapi, bersih. Gak kayak kamar guwe yang hampir mirip sama kandang kebo atau gudang  bawah tanah. Tapi guwe masa bodoo.

Suatu ketika, mama bilang ke guwe kalo kamar kita jorok bakalan banyak hantu nya. Yaa, agak horor sih dengernya. Kata mama, kalo kamarnya jorok nanti  didatengin hantu. Saat mama bilang begitu, guwe jadi merinding. Semalaman gak bisa tidur bahkan ngompol dicelana. Untuk ngompol dicelana, itu cuma mitos ya kawan. Jadi, besoknya guwe bersihin tumpukan komik, charger laptop, power bank, laptop dan beberapa bungkus makanan yang berserakan diatas ranjang guwe. Mama senang, tapi besoknya kamar guwe udah berantakan lagi.

Hari itu, mama pergi tempat nenek dan guwe terpaksa harus tinggal dirumah sendirian. Cuaca hari itu mendung, dan sepertinya akan turun hujan yang sangat deras. Sebelum hujan turun, guwe memutuskan untuk kunci pagar dan pintu. Kemudian bergegas tidur diranjang yang berserakan buku-buku pelajaran, komik, laptop, dan beberapa charger. Suasana sangat dingin.

Guwe udah tidur pulas, tiba-tiba ada tetesan air yang membasahi pipi guwe. Terkejut, guwe terbangun. Ternyata genteng rumah lagi bocor. Dan parahnya, bocornya gak cuma satu tapi ada banyak. Guwe terbangun, guwe liat    disekeliling dan ternyata ranjang guee udah basah kuyup kena air. Laptop, charger,buku dan komik pun basah semua.

Semenjak saat itu, guwe jadi sadar betapa penting untuk membersihkan kamar. Karena, kita gak tahu apa yang akan terjadi selama 5 menit kedepan. Bisa jadi hal yang kita pikir gak mungkin bisa jadi mungkin. Untuk itu, kita harus menyiapkam No Drop sebelum bocor. Eh mohon maaf, maksudnya sedia payung sebelum hujan.

Akhir akhir Ini

Akhir-akhir ini lendir dari hidungku sering bercampur darah. Walaupun tidak terasa sakit sama sekali, tapi hal itu cukup mengganggu. Aku ingin mengadukan hal ini pada mama dan bapakku, tapi yang aku takutkan aku dimarahi.

Lambat laun, darah yang ikut keluar bersama lendir dari hidungku semakin sering jangka waktunya dan membuat hidungku agak nyeri, telingaku berdengung dan kepalaku agak pusing.

Aku tidak tahu penyakit apa ini persisnya. Yang aku tahu dari riwayat penyakitku, aku mengidap sinusitis. Apapun penyakit itu, aku harap mereka cepat enyah dari tubuhku

Masih

Entah kenapa, perlahan air mata membasahi pelupuk mataku. Ketika tanpa sengaja, aku melihat fotomu dan kekasih barumu dimedia sosial baru-baru ini. Aku begitu tidak menyangka, ternyata “kamu” dengan begitu cepatnya melupakan kenangan kita yang hampir satu tahun lamanya. Sementara aku, entah mengapa aku masih terjatuh dalam kubangan kenangan itu.

Setiap cerita “kita” masih saja terbayang dan sulit untuk kulupakan. Aku masih merasakan debaran aneh, ketika melihat fotomu yang kau upload di akun instagrammu. Aku masih ingun tersenyum disaat kita berpapasan dikoridor kampus jurusan kedokteran ini. Yaa… walau aku tau, itu rasa yang salah.

Walau kuakui sebenarnya, “Aku masih mencintaimu” tapi aku sadar, bahwa sekarang aku bukan siapa-siapamu lagi. Aku bukan perempuan yang kau panggil sayang lagi. Aku hanya masa lalu bagimu. Ah, mengapa melupakanmu begitu sulit?

Putri Duyung Besarung

Malem ini guwe bingung mau nulis apa. Note galau? Lagi gak ada kasus dan inspirasi, puisi? Lagi gak ada mood, resep-resep? Lagi gak ada masakan terbaru. Sambil dengerin musik guwe nyoba cari inspirasi, barangkali ada lirik atau musik yang bisa bikin guwe kecantol ide, dari lagu rock sampe lagu anak-anak guwe dengerin, tapi kok bukannya dapet ide malah guwe jadi baper.

Saat guwe dengerin lagu anak-anak yang judulnya naik odong-odong, guwe jadi inget sama sepupu yang umurnya sepantar sama guwe. Dulu, kami sering banget main yang namanya putri duyung. Karena terinspirasi sama sinetron ” Marina” yang pernah di putar di trans 7. Setiap hari, setelah makan siang kami selalu main putri duyung dikamar sepupu guwe itu, permainannya gak sulit kok. Untuk berubah jadi putri duyung, loo tinggal masukin sarung sampai dibatas pinggang, setelah itu goyangin deh kaki loo. Udah, gitu doang kok gak pake ribet. Setelah itu, loo tinggal mainkan imajinasi seola-olah jadi putri duyung beneran yang tinggal di samudra yang luas dan bicara ngawur semau loo. Udah, gitu doang gak pake ribet dan skenario. Seandainya jaman itu guwe udah punya instagram, pasti guwe bakal posting video-video setiap kali kami bermain, dan pasti kami akan terkenal.

Entah kenapa saat itu kami terinspirasi banget sama tokoh putri duyung, kami pun mengganti nama menjadi marina dan marini setiap kali bermain biar lebih greget. sampai-sampai kami berfikir pengen jadi putri duyung.
“Enak kali ya jadi putri duyung” kata sepupu guwe yang lagi berubah jadi putri duyung dengan sarungnya.
“Iyaya enak, coba kita bisa jadi putri duyung yaa” jawab guwe
“Ia, nanti kita bisa nangis mutiara. Punya kekuatan ajaib, berteman dengan ikan ikan dilaut” kata sepupu guwe itu.
Jujur sih, kalo sekarang guwe ditanya masih mau gak jadi putri duyung guwe bakal jawab “OGAH” ngebayanginnya aja udah geli nanget, manusia setengah ikan yang siripnya bisa jadi kaki dan kalo kena air bakalam berubah lagi jadi sirip… iii serem deh, ntar kalo misalnya guwe lagi jalan sama temen-temen pas kehujanan terus tiba-tiba kaki gue berubah jadi sirip? Bagaimana coba? Mungkin guwe akan ditinggalin gitu aja, diketemukan orang, dijual, dilelang, ditaroh dimusium dan tamatlah riwayatku. Terus misalnya pacar gue dateng kerumah pengen ngajak jalan, masa guwe harus bilang ” ntar yah yang, sirip guwe belum ilang nii. Masih basah” gak lucu kan

Tapi 2 hal yang masih kami pengen didalam cerita putri duyung. Yaitu nangis mutiara, pasti enak tu kalo nangis mutiara. Kalo lagi galau tinggal nangis aja, ntar keluar mutiaranya jual deh buat shooping dan beli makan, pasti galau nya ilang. Sama satu lagi, pasti diakhir cerita putri duyung yang pernah kami tonton dulu, si putri menikah dengan pangeran tampam baik hati. Nah kalo ini kami masih mau, mau banget malah. Tanpa ditawarin dan dipaksa, guwe juga mau keles hehehe

Lagu Sakura – Pesan dari Abang

Secangkir susu coklat hangat mengingatkanku disore ini, ditengah suara hujan. Saat ini cuaca Jogja sedang tidak bersahabat, rintik hujan hampir setiap kali datang tanpa diundang. Bagaimana dengan cuaca di Samarinda. Apakah sama dengan cuaca dikota pelajar ini

Hay, gadis lugu yang sering kupanggil adek. Maafkan abangmu ini sebab tak intens tuk menghubungimu. Bukannya tak menganggap penting atau menomor duakanmu, dek. Tapi abang hanya ingin cepat-cepat meluluskan kuliah abang disini. Jurusan kedokteran tidak begitu mudah untuk dijalani dek, terlalu banyak tugas dan mata kuliah yang harus abang selesaikan. Apa adek tau, kenapa abang terkesan ngoyo dan terburu-buru. Itu semua karena…. ah sudahlah, nanti saja abang beri tahu adek.

Disini abang juga merasakan penatnya rindu sepertimu, iya rindu milik kita. Meski kemarin abang berkata tak perlu mengkhawatirkanku disini, tapi nyatanya aku pun mengkhawatirkamu, dek. Biarpun tak abang perlihatkan, tapi namamu selalu terselip dalam lantunan doa tiap kali kuhabis sholat. Percayalah, ini bukan gombal atau rayuan semata. Percayalah akan hal itu, sepertimu yang percaya pada kesetiaan kita. Disini abang belajar dan tak sempat unttuk cari pacar. ABng harap, disana adek juga begitu.

Abang minta maaf jika membuatmu menjadi sibuk untuk mengurusiku, membuatmu membuang waktu demi menunggu pria cungkring bermata empat ini. Membuatmu berasabar dan membuatmu menanti, membuatmu menitikkan air mata hanya karena menangisi pria berwajah sendu ini. Maaf.. Maafkan abang yang tak bisa menjagamu dan memberikan sandaran bahu disaat air matamu menetes ke pipi merona itu, bahu ini terlalu jauh sementata hati ini ingin selalu dekat. Juga tangan ini tak akan sampai untuk mengepel pipi merahmu itu. Maafkan abang, adek. Untuk semuanya, untuk segalanya.

Ini bukan untuk selamanya, hanya sementara. Teruslah jadi adek yang baik untuk abangnya, jangan malas kerjakan prmu, tunggu abang disana, dikota kelahiran kita itu. Kelak ketika semua urusan disini selesai, abang akan cepat bergegas menemuimu. Percaya itu sayang, adek abang yang pipinya merona

Resep Kentang Goreng Krispy

Assalamualaikum.
Hay sobat, selamat pagi. Hari ini aku mau berbagi resep ke kalian semua tentang cara membuat kentang goreng krispy. Oke, langsung  aja yaa

Bahan-bahannya:
1. Kentang
2. Tepung terigu
3. Air
4. Bawang putih 1 buah
5. Garam
6. Bumbu penyedap

Cara memasak:
1. Kupas kentang dan cuci hingga bersih
2. Potong kentang dengan bentuk persegi panjang
3. Rebus air dan masukkan potongan bawang putih yang telah dipotong kasar
4. Tunggu hingga air mendidih, setelah itu masukkan kentang dan beri garam secukupnya. Rebus kentang selama 5 menit
5. Setelah itu angkat dan tiriskan
6. Selagi panas, balurin kentang dengan tepung terigu dan beri penyedap rasa. Usahakan permukaan kentang tertutup semua
7. Kemudian, dinginkan kentang ke dalam freezer selama 1-2 jam setelah itu goreng diminyak panas
8. Kentang siap dihidangkan

Tepung terigu dapat diganti dengan tepung maizena, atau dapat dicampur dengan tepung bumbu siap saji

Oke sekian resep untuk hari ini. Selamat mencoba 😄☺:)